Kamis, 01 Maret 2018

Mangut Lele

Hello Assalamualaikum bunda, gimana nih kabarnya. kali ini Wisata Resep akan membagikan resep Mangut Lele yang memiliki citarasa khas dari bumbu indonesia. daripada anda bingung mau bikin makanan apa dirumah, mending praktekan saja resep dibawah ini. dijamin keluarga anda pasti suka deh pastinya, langsung cek aja deh, Cekidott...


Ikan Lele:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak mengenal ikan yang satu ini, ikan yang memiliki kumis ini pasti sering anda jumpai deh setiap harinya. Leleadalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele sangat mudah sekali dikenali karena memiliki tubuh yang sangat licin, agak pipih memanjang dan memiliki kumis yang unik memanjang yang mencuat disekitar bagian mulutnya. Ikan lele sendiri sangat mudah dibudidaya dan hasil budidayanya pun sangat menggiurkan, makanya tidak heran jika banyak masyarakat indonesia membuat budidaya ikan lele ini. bahkan membudidayakan ikan ini tidak perlu mengganti air loh, jadi lebih hemat air deh membudidayakan ikan ini. Kadangkala juga lele ditaruh disawah untuk memakan hama-hama disawah tersebut. lele sering pula diletakan di tempat air tergenar dengan tujuan untuk memakan jentik-jentik nyamuk.

Tahukah anda jika Ikan lele memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah rendah kalori dan lemak, sumber protein lengkap, sumber vitamin b-12, rendah merkurimengandung asam lemak sehat. Tidak heran ya jika masyarakat Indonesia sangat menyukai ikan lele dari anak-anak sampai tua pun menyukai ikan ini, cara pengolahannya juga sangat mudah, cukup digoreng saja rasanya sangat nikmat apalagi diolah menjadi makanan lezat lainnya, duuhhh gak kebayang deh nikmatnya.. Makanya kali ini kita akan memberikan Resep Mangut Lele yang tidak kalah lezat dari olahan Ikan Lele lainnya

Bahan:

  • 5 ekor ikan lele yang sudah dibersihkan, beri perasan jeruk nipis, garam, merica dan sedikit kunyit bubuk, lalu aduk rata dan diamkan sebentar, setelah itu anda goreng hingga matang.
  • boleh juga ditambahkan 5 buah tahu dipotong-potong dan 1 buah terong dipotong-potong lalu digoreng (ini hanya tambahan saja, tidak diberikan juga tidak masalah)
  • 650 ml santan atau selera anda jika ingin memiliki kuah yang banyak
  • cabe rawit utuh sesuai selera (hanya tambahan saja)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 batang sereh geprek
  • 1 sdm air asam jawa
  • gula merahsecukupnya
  • garam secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
Bumbu Ulek:
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting atau selera anda
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1 cm kencur
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh lalu tumis lagi agak lama sampai bumbu benar-benar matang dan mengeluarkan minyak
  • Tambahkan santan lalu didihkan, masukan lele, tahu dan terongnya.
  • beri air asam jawa, gula merah, garam, kaldu jamur dan merica bubuk secukupnya
  • Terakhir masukan cabe rawit utuhnya.
  • Masak terus sampai bumbu meresap dan kuah santan sedikit menyusutdan mengental.
  • cicipi rasanya terlebih dahulu
  • Mangut lele siap dihidangkan, tambahkan nasi dan nikmati selagi hangat.

0 komentar:

Posting Komentar