Senin, 19 Februari 2018

OPOR AYAM TEMPE



asslamualaikum wr. wb pada kali ini wisata resep akan membahas tentang makanan yang terbuat dari ayam dan tempe yang akan dibuat menjadi opor ayam tempe. makanan yang sangat lezat tetapi juga sederhana dan tidak mahal biaya untuk membuatnya caranya mudah dan bahan bahan untuk membuat makanan ini pun tidak susah. opor ayam merupakan makanan favorit bagi keluarga keluarga di indonesia dan opor ayam sangat sering disajikan pada saat lebaran idul fitri yang biasanya ditemani dengan lontong dan rendang daging yang jika dipadukan makanan itu sangat lezat tetapi wisata resep kali ini hanya akan mambahas tentang opor ayam yang akan ditambahkan dengan tempe uhh pasti rasanya enak banget kan, oke dehh tanpa lama lama lagi ayo langsung kita buat makanan opor ayam tempe ini 

bahan bahan untuk membuat opor ayam tempe :
- 1/2 kg daging ayam 
- 1/2 papan tempe daun 
- 3 lembar daun jeruk 
- 2 lembar daun salam
bumbu yang dihaluskan atau bumbu ulek 
- 5 siung bawang merah yang besar 
- 3 siung bawang putih 
- 2 butir kemiri 
- 5 cm jahe 
- 3 cm kunyit 
- 1/2 sendok teh ketumbar 
- 1/2 sendok teh lada 
- kencur secukupnya 
bahan yang digeprek 
- 1 tangkai sereh 
- 5 cm lengkuas
- garam secukupnya 
- penyedap rasa seccukupnya 
- bawang goreng untuk taburan

langkah langkah pembuatan opor ayam tempe :
- bersihkan dan lalu cuci daing ayam 
- potong potong tempe menjadi kecil kecil kira kira 8 bagian
- geprek dan ulek bumbu bumbu yang tadi kecuali daun daunan 
- panaskan minyak secukupnya kemudian tumis semua bumbu bumbu yang sudah diulek dan digeprek tadi dan jangan lupa masukan juga daun daun daunannya sampai matang 
- setelah bumbu ditumis sampai matang masukan ayam dan aduk aduk sebentar hingga bumbu tercampur rata dengan ayam
- tambahkan air secukupnya 
- lalu masukan garam dan penyedap rasa secukupnya 
- lalu masukan tempe yang sudah dipotong potong menjadi 8 bagian 
- tunggu sampai ayam empuk bumbu meresap dan airnya agak menyusut 
- setelah matang masukan santan aduk aduk sebentar dan matikan api
- siap dihidangkan dan jangan lupa dibaru bawang goreng 

gimana resepnya bunda mudah kan caranya gak susah kan pokoknya kalo bunda bunda bingung tentang resep makanan bisa dicek di wisata resep ya, pokoknya caranya mudah kok gak ribet dan soal rasa pasti mantap,pokoknya jangan lupa pasti mamah mamah muda yang baru belajar masak gak tau resep resep makanan kan nah mamah mamah muda bisa cek berbagai resep makanan di wisata resep ya pokoknya dijamin deh yang gabisa masak pasti jadi bisa masak dan yang bisa masak pasti lebih ajgo lagi untuk masak buat keluarga dan bikin suami makin tambah sayang ke ibu ibu nya . ok sekian resep makanan dari wisata resep hari ini assalamualikum wr. wb 

0 komentar:

Posting Komentar