Resep Masakan Keluarga

Resep Masakan, Tempat makan, Menu Masakan keluarga, Tempat makan di Daerah, roti enak, toko roti toko roti dilampung, toko roti di bandar lampung, Paberik roti

Tempat Makan Keluarga

Resep Masakan, Tempat makan, Menu Masakan keluarga, Tempat makan di Daerah, roti enak, toko roti toko roti dilampung, toko roti di bandar lampung, Paberik roti

Menu Masakan keluarga

Resep Masakan, Tempat makan, Menu Masakan keluarga, Tempat makan di Daerah, roti enak, toko roti toko roti dilampung, toko roti di bandar lampung, Paberik roti

Tempat Makan di Daerah

Resep Masakan, Tempat makan, Menu Masakan keluarga, Tempat makan di Daerah, roti enak, toko roti toko roti dilampung, toko roti di bandar lampung, Paberik roti

Toko Roti dan Pabrik Roti

Resep Masakan, Tempat makan, Menu Masakan keluarga, Tempat makan di Daerah, roti enak, toko roti toko roti dilampung, toko roti di bandar lampung, Paberik roti

Selasa, 13 Maret 2018

Oseng-oseng Usus Ayam Pedas

Hello Assalamualaikum Wr.Wb bunda, daripada bingung mau masak apa, mending kunjungi Wisata Resep saja biar menambah wawasan tentang memasak makanan yang enak lezat dan selalu membuat keluarga ketagihan. Kali ini kita akan membuat resep makanan Oseng-oseng Usus Ayam Pedas yang lezat dan pedas yang gak kalah dengan yang lainnya. kalo biasanya usus hanya dibuang kekolam untuk makanan ikan atau hanya digoreng kering saja kali ini kita membuat usus ayam yang berbeda dari yang lainnya, yaitu Oseng-oseng usus ayam pedas.. langsung cek aja deh dibawah ini...



Usus Ayam:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak kenal dengan jeroan ayam yang satu ini, yapp. namanya usus ayam. usus ayam biasanya hanya dikonsumsi sebagai sate usus atau hanya dijadikan makanan bagi ikan lele. namun pada zaman sekarang ini, masyarakat indonesia banyak mengolah usus ayam menjadi keripik atau peluang usaha lainnya. kali ini kita akan membagikan resep yang berbahan dasar terutamanya usus ayam yaitu Oseng-oseng Usus Ayam Pedah yang enak dan gurih disantap bersama keluarga tercinta dan membuat ketagihan pastinya. sebelum kebagian pembuatan makanan ini, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dan bahayanya mengonsumsi jeroan ayam yang satu ini..
manfaat ayam adalah sebagai berikut:

  • Usus ayam adalah bagian yang paling gurih, oleh karena itu banyak yang menjadikannya keripik.
  • Usus ayam merupakan makanan sehat, karena mengandung protein yang lebih tinggi daripada telur ayam
  • Usus ayam menjadi makanan yang lezat jika melalui pemprosesan pemasakan yang tepat
  • Usus ayam tidak berlemak, sehingga kolesterol dalam usus ayam tidak seberapa banding dengan kulit ayam
  • Usus ayam dipercaya dapat menyembuhkan penyakit beser, beser kemih dan bawasir/wasir
namun ada juga bahaya terlalu sering mengomsumsi usus ayam salah satunya adalah kolesterol yang tinggi, asam urat, diare, jerawat, masalah kulit lainya dan infeksi parasit.
Nahh, bagaimana bunda, sudah tahukan apa saja manfaat dan bahayanya usus ayam. ini kita berikan resep pengolahan usus ayam yang tepat tetapi jangan terlalu sering dikonsumsi ya bundaa.. Langsung aja deh cekidott dibawah ini ..


Bahan:

  • 1/4 kg usus ayam
  • 1 sdm garam (untuk rebusan usus)
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 20 butir cabe rawit, haluskan
  • 2 buah cabe merah, haluskan
  • 200 ml air
  • 4 sdm minyak goreng
Cara Membuatnya:
  • Bersihkan usus ayam.
  • rebus usus ayam selama sekitar 40 menitan dengan ditambahkan 1 sdm garam.
  • potong-potong usus sesuai selera.
  • bilas dan cuci bersih usus lalu ditiriskan
  • panaskan minyak
  • tumis semua bumbu
  • masukan usus ayam, lalu tambahakan air secukupnya
  • masak hingga semua bumbu meresasp
  • lalu sajikan selagi hangat-hangatnya.
Gimana bunda, enakan makanan yang satu ini, apalagi dimakan selagi hangat-hangatnya dan dinikmati bersama keluarga tercinta.. duhh pasti semakin hangat deh suasana keluarga anda.. tolong berikan komentar, kritik dan saran dibawah ini ya bunda..

Senin, 05 Maret 2018

Tongseng Mercon

Hello Assalamualaikum Wr. Wb. bunda dimana anda berada, balik lagi bersama kami Wisata Resep yang setia menemani anda memberikan tips dan trik cara membuat makanan yang lezat dan disukai oleh keluarga anda tentunya. Kali ini wisata resep akan membagikan resep makanan Tongseng Mercon yang menggugah selera anda. Makanan ini juga sangat cocok bila dimakan untuk acara hajatan atau sekedar hobi memasak saja. Tongseng Mercon merupakan makanan favorit keluarga di Indonesia, karena menggunakan bumbu-bumbu yang khas sekali dengan masakan indonesia.. Kalo sekedar dilihat-lihat, makanan ini sangat mirip dengan rendang tetapi yang membedakan adalah rendang menggunakan daging sedangkan ini menggunakan koyor atau tetelan sapi..



Tongseng Mercon:
Wisata Resep - Tongseng sangat identik dengan rasanya yang gurih dan manis karena menggunakan bumbu-bumbu yang khas dengan Masakan Indonesia.. Diketahui bahwa di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali masakan yang khas daerah masing-masing daerah diindonesia. Bahkan Indonesia merupakan salah satu dengan dengan kuliner terbanyak di dunia, mungkin masih banyak lagi kuliner di Indonesia yang belum diketahui oleh kita. Tongseng sendiri berasala dari daerah Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengan.. sehingga tidak heran jika makanan ini sangat terkenal di jawa tengah. Saat ini banyak sekali olahan tongseng di Indonesia, tetapi kali ini kita akan memberikan resep Tongseng Mercon yang pedas dan gurihnya nendaaangg deeh.. Tongseng Mercon merupakan tongseng yang berbeda dari yang lainya karena tongseng ini memiliki rasa yang sangat pedas makanya dimanakan Tongseng Mercon. Level kepedasanya pun bisa anda bandingkan dengan makanan lainnya yang sangat pedas, tongseng ini juga tidak meninggalkan resep khas makanan indonesia. Kuliner di Indonesia yang dikagumi oleh negara lain, bahkan banyak artis luar negeri berjunjung ke Indonesia hanya utuk menikmati kulinernya.. alam indonesia juga tidak kalah indahnya dengan negara lain loh bunda, jadi gak perlu pergi ke negara lain hanya untuk menikmati alam. Apalagi mengunjungi Wisata alam terus sambil menikmati kulinernya, duuhh, gak kebayang dehh bahagianya, apalagi bareng keluarga, jadi perfeck deh

Langsung cek aja deh dibawah ini, Cekkidoott...

Bahan:
  • 500 gram koyor atau tetelan sapi
  • 150 ml air
  • 3 sdm gula merah sisir
  • 4 sdm kecap manis
  • 3 cm jahe geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas digeprek
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai di memarkan
  • penyedap rasa
  • garam
  • Minyak
Bumbu Halus:
  • 30 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera anda, tergantung kepedasan yang disukai anda)
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 8 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
Cara Memasak:
  • Panaskan minyak,
  • tumis bumbu halus, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk dan serai sampai harum
  • Masukan tetelan daging sapi, garam, penyedap rasa dan gula merah
  • Tambahkan air dan tutup sampai bumbu meresap
  • Tambahkan kecap manis lalu diaduk-aduk dan tutup kembali
  • Masak sampai daging matang dan airnya sudah habis
  • Tongseng Mercon sudah siap disajikan.
Gimana bunda, mudah sekali bukan cara membuat Tongseng Merconnya.. Makanan ini sangat cocok untuk disajikan untuk acara keluarga atau hari raya idul fitri, apalagi hari raya idul adha, pasti sangat murah dong karena tidak perlu membeli bahan yang banyak_banyak.. hanya itu saja resep hari ini, semoga bermanfaat untuk anda yaa.. tolong berikan komentar, kritik dan saran anda dibawah kolom komentar dibawah ini.. Sekian dari saya, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kamis, 01 Maret 2018

Mangut Lele

Hello Assalamualaikum bunda, gimana nih kabarnya. kali ini Wisata Resep akan membagikan resep Mangut Lele yang memiliki citarasa khas dari bumbu indonesia. daripada anda bingung mau bikin makanan apa dirumah, mending praktekan saja resep dibawah ini. dijamin keluarga anda pasti suka deh pastinya, langsung cek aja deh, Cekidott...


Ikan Lele:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak mengenal ikan yang satu ini, ikan yang memiliki kumis ini pasti sering anda jumpai deh setiap harinya. Leleadalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele sangat mudah sekali dikenali karena memiliki tubuh yang sangat licin, agak pipih memanjang dan memiliki kumis yang unik memanjang yang mencuat disekitar bagian mulutnya. Ikan lele sendiri sangat mudah dibudidaya dan hasil budidayanya pun sangat menggiurkan, makanya tidak heran jika banyak masyarakat indonesia membuat budidaya ikan lele ini. bahkan membudidayakan ikan ini tidak perlu mengganti air loh, jadi lebih hemat air deh membudidayakan ikan ini. Kadangkala juga lele ditaruh disawah untuk memakan hama-hama disawah tersebut. lele sering pula diletakan di tempat air tergenar dengan tujuan untuk memakan jentik-jentik nyamuk.

Tahukah anda jika Ikan lele memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah rendah kalori dan lemak, sumber protein lengkap, sumber vitamin b-12, rendah merkurimengandung asam lemak sehat. Tidak heran ya jika masyarakat Indonesia sangat menyukai ikan lele dari anak-anak sampai tua pun menyukai ikan ini, cara pengolahannya juga sangat mudah, cukup digoreng saja rasanya sangat nikmat apalagi diolah menjadi makanan lezat lainnya, duuhhh gak kebayang deh nikmatnya.. Makanya kali ini kita akan memberikan Resep Mangut Lele yang tidak kalah lezat dari olahan Ikan Lele lainnya

Bahan:

  • 5 ekor ikan lele yang sudah dibersihkan, beri perasan jeruk nipis, garam, merica dan sedikit kunyit bubuk, lalu aduk rata dan diamkan sebentar, setelah itu anda goreng hingga matang.
  • boleh juga ditambahkan 5 buah tahu dipotong-potong dan 1 buah terong dipotong-potong lalu digoreng (ini hanya tambahan saja, tidak diberikan juga tidak masalah)
  • 650 ml santan atau selera anda jika ingin memiliki kuah yang banyak
  • cabe rawit utuh sesuai selera (hanya tambahan saja)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 1 batang sereh geprek
  • 1 sdm air asam jawa
  • gula merahsecukupnya
  • garam secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
Bumbu Ulek:
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting atau selera anda
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1 cm kencur
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh lalu tumis lagi agak lama sampai bumbu benar-benar matang dan mengeluarkan minyak
  • Tambahkan santan lalu didihkan, masukan lele, tahu dan terongnya.
  • beri air asam jawa, gula merah, garam, kaldu jamur dan merica bubuk secukupnya
  • Terakhir masukan cabe rawit utuhnya.
  • Masak terus sampai bumbu meresap dan kuah santan sedikit menyusutdan mengental.
  • cicipi rasanya terlebih dahulu
  • Mangut lele siap dihidangkan, tambahkan nasi dan nikmati selagi hangat.

Selasa, 27 Februari 2018

Sambel Teri Kolaborasi Pete

Hello Assalamualaikum bunda, dimanapun anda berada hehe.. hari ini mau masak apa nih bunda. daripada bunda bingung mau masak apa untuk keluarga, gak perlu cemas lagi deh selama ada Wisata Resep disini yang selalu setia memberikan resep-resep terbaik dari yang terbaru, terhits sampai yang tradisional pun ada disini.. jadi jangan ragu-ragu untuk terus mengunjungi website kami ini ya bunda.. langsung aja deh, hari ini kita akan memberikan resep Sambel Teri Kolaborasi Pete yang membuat keluarga anda ketagihan dan tentunya lezat dong. makanan ini juga cocok untuk lauk untuk anak anda.. Langsung cek aja deh, Cekidoott...


Ikan Teri dan Pete:
Wisata Resep - Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini, yap Ikan Teri namanya. Ikan Teri merupakan salah satu jenis boga bahari yang umum ditemukan di kawasan pinggir pantai samudra atlantik, hindia, dan pasifik, serta dikategorikan sebagai ikan berminyak. ikan ini terdiri dari ukuran 2 cm hingga 40 cm tergantung spesiesnya. ikan ini cukup digoreng dan dicampur nasi hangat pun rasanya sangat nikmat. Tahukah bunda, ikan teri memiliki banyak kesehatan bagi tubuh salah satunya mendukung kesehatan tulang, sumber protein yang baik, kaya akan lemak omega-3, rendah merkuri tetapi hati-hati ya karena ikan teri mengandung banyak sekali garam. Sedangkan pete/petai adalah pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan, tumbuhan ini tersebar luas di nusantara bagian barat, bijinya yang disebut "petai" juga dikonsumsi ketika masih muda baik segar maupun direbus terlebih dahulu. pete/petai sendiri memiliki aroma yang khas seperti jengkol, jadi tidak heran jika di Indonesia, petai selalu disandingkan dengan jengkol, ahahaa..

Apakah anda pernah membuat masakan yang satu ini, jika belum, silahkan simak resep dibawah ini, dijamin rasanya lezat, gurih dan membuat keluarga anda ketagihan pastinya. makanan ini juga sangat cocok dikomsumsi dengan keluarga besar, reunian, hari raya, dan acara lainya.. silahkan cek dibawah ini ya bunda..

Bahan:
  • 125 gram ikan teri kering
  • 75 gram pete kupas
  • 11 cabe rawit (selera anda)
  • 3 cabe merah besar
  • 5 buah bawang putih
  • 9 buah bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 5 lembar daun jeruk nipis
  • gula merah atau gula putih secukupnya
  • garam secukupnya
  • santan atau air secukupnya
Cara Membuat:
  • Cuci bersih teri
  • Rebus teri sampai empuk
  • Cuci lagi lalu goreng dan tiriskan
  • Cuci pete
  • Tiriskan goreng pete sampai layu aja
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, dan tomat
  • Tumis semua bumbu halus dan campurkan daun jeruk nipis sampai bau harum
  • Masukan teri dan pete
  • tambahkan santan atau air
  • tambahkan gula dan garam
  • tunggu sampai santan atau airnya meresap sambil diaduk
  • Sambel teri kolaborasi pete siap dihidangkan
Uhhh, lihat gambarnya ada sudah bikin kelaperan apalagi langsung menyicipinya ya bunda. rasanya pasti makyoss deh bikin keluarga ketagihan.. okee, itu saja resep hari ini, jika anda ingin melihat-lihat resep kami yang lain kunjungi Wisata Resep. Sekian dari kami, tolong berikan kontar, kritik dan saran anda ya.. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rabu, 21 Februari 2018

Sambal Goreng Ati Kentang

Hello Assalamualaikum Wr. Wb. gimana kabarnya nih bunda, pastinya sehat wal'afiat dong pastinya. Hari ini mau bikin makanan apa nih bunda, daripada bingung. mending bikin makanan yang satu ini, pasti lezat dan disukai keluarga anda tentunya. Kali ini Wisata Resep akan membagikan resep Sambal Goreng Ati Kentang yang memiliki rasa yang khas dan unik yang sangat cocok dimakan bersama keluarga atau untuk bekal si kecil kesekolah, pasti suka deh pokoknya si kecil, makanan ini juga cocok untuk di acara arisan buat ibu-ibu, acara keluarga, Hidangan pernikahan atau Hidangan Hari Raya Idul Firi atau Hari Raya Idul Adha, Gimanaa, penasaran kan cara membuatnya, langsung cek aja deh dibawah ini




Ampela dan Hati Ayam:
Wisata Resep - Ampela/rempela sangat digemari oleh masyarakat indonesia, karena rasanya yang enak dan unik. Ampela sendiri berasal dari organ ayam dibagian saluran pencernaan. ada banyak sekali kandungan gizi pada ampela ayam yang satu ini, salah satunya adalah kadar lemak dan kolesterol, protein, dan nutrisi. sedangkan Hati ayam adalah sama dengan rempela yaitu bagian organ dalam ayam. rasanya juga unik dan lezat jika diolah dengan baik, ada banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, salah satunya mengandung protein yang tinggi, kaya akan folat, zat besi, Vitamin B terutama B12, Vitamin A dan masih banyak lagi kandungan gizinya. Hati ayam juga banyak diolah menjadi berbagai sajian yang lezat, seperti sate, campuran bubur ayam, hingga sambal goreng. Nah kali ini kita akan membagikan resep membuat Sambal Goreng yang terbuat dari Hati dan Ampel Ayam.

Bahan:
  • 400 gram ati ampela lalu dicuci bersih, beri air asam jawa dan garam, dan diamkan sebentar, lalu cuci bersih kembali dan rebus dengan air mendidih yang ditambahkan 2 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, dan sedikit garam, masak hingga empuk, buang airnya dan dibilas, potong sesuai selera anda.
  • 2 buah kentang, dipotong-potong kotak, bersihkan dengan air lalu digoreng.
  • 1 papan pete kupas
  • 2-3 sdm santan kental manis
  • sedikit air
  • garam
  • kaldu jamur
  • merica bubuk
  • gula merah secukupnya
Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5buah cabe merah keriting (ditambah cabai rawit juga boleh)\
  • 2 buah cabe besar
  • sedikit jahe
Bumbu tambahan:
  • 4 lembar daun jeruk sobek-sobek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm laos lalu dimemarkan
  • 1 batang sereh lalu dimemarkan
Cara mebuat sambal Goreng Ati Kentang:
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Masukan bumbu tambahan lalu tumis lagi sampai semua bumbu benar-benar matang dan mengeluarkan minyak
  • Masukan Ati Ampela dan Kentang lalu aduk rata
  • Lalu bumbui dengan garam, kaldu jamur, merica, dan gula merah sesuai selera
  • Berikan sedikit air dan masak hingga bumbu meresap
  • Tambahkan pete dan santan lalu aduk dan masak lagi sebentar sampai agak mengering dan mengeluarkan minyak
  • Angkat lalu disajikan
Gimana bunda, mudah bukan memasak Sambal Goreng Ati Kentang, selain itu, resep ini juga sebagai media untuk pembelajaran memasak anda agar lebih banyak ilmu memasak. Tolong berikan komentar, kritik dan saran anda dibawah ini agar kami bisa membuat artikel resep yang lebih menarik dan lezat lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Thank You Wassalamualaikum Wr. Wb.

Senin, 19 Februari 2018

OPOR AYAM TEMPE



asslamualaikum wr. wb pada kali ini wisata resep akan membahas tentang makanan yang terbuat dari ayam dan tempe yang akan dibuat menjadi opor ayam tempe. makanan yang sangat lezat tetapi juga sederhana dan tidak mahal biaya untuk membuatnya caranya mudah dan bahan bahan untuk membuat makanan ini pun tidak susah. opor ayam merupakan makanan favorit bagi keluarga keluarga di indonesia dan opor ayam sangat sering disajikan pada saat lebaran idul fitri yang biasanya ditemani dengan lontong dan rendang daging yang jika dipadukan makanan itu sangat lezat tetapi wisata resep kali ini hanya akan mambahas tentang opor ayam yang akan ditambahkan dengan tempe uhh pasti rasanya enak banget kan, oke dehh tanpa lama lama lagi ayo langsung kita buat makanan opor ayam tempe ini 

bahan bahan untuk membuat opor ayam tempe :
- 1/2 kg daging ayam 
- 1/2 papan tempe daun 
- 3 lembar daun jeruk 
- 2 lembar daun salam
bumbu yang dihaluskan atau bumbu ulek 
- 5 siung bawang merah yang besar 
- 3 siung bawang putih 
- 2 butir kemiri 
- 5 cm jahe 
- 3 cm kunyit 
- 1/2 sendok teh ketumbar 
- 1/2 sendok teh lada 
- kencur secukupnya 
bahan yang digeprek 
- 1 tangkai sereh 
- 5 cm lengkuas
- garam secukupnya 
- penyedap rasa seccukupnya 
- bawang goreng untuk taburan

langkah langkah pembuatan opor ayam tempe :
- bersihkan dan lalu cuci daing ayam 
- potong potong tempe menjadi kecil kecil kira kira 8 bagian
- geprek dan ulek bumbu bumbu yang tadi kecuali daun daunan 
- panaskan minyak secukupnya kemudian tumis semua bumbu bumbu yang sudah diulek dan digeprek tadi dan jangan lupa masukan juga daun daun daunannya sampai matang 
- setelah bumbu ditumis sampai matang masukan ayam dan aduk aduk sebentar hingga bumbu tercampur rata dengan ayam
- tambahkan air secukupnya 
- lalu masukan garam dan penyedap rasa secukupnya 
- lalu masukan tempe yang sudah dipotong potong menjadi 8 bagian 
- tunggu sampai ayam empuk bumbu meresap dan airnya agak menyusut 
- setelah matang masukan santan aduk aduk sebentar dan matikan api
- siap dihidangkan dan jangan lupa dibaru bawang goreng 

gimana resepnya bunda mudah kan caranya gak susah kan pokoknya kalo bunda bunda bingung tentang resep makanan bisa dicek di wisata resep ya, pokoknya caranya mudah kok gak ribet dan soal rasa pasti mantap,pokoknya jangan lupa pasti mamah mamah muda yang baru belajar masak gak tau resep resep makanan kan nah mamah mamah muda bisa cek berbagai resep makanan di wisata resep ya pokoknya dijamin deh yang gabisa masak pasti jadi bisa masak dan yang bisa masak pasti lebih ajgo lagi untuk masak buat keluarga dan bikin suami makin tambah sayang ke ibu ibu nya . ok sekian resep makanan dari wisata resep hari ini assalamualikum wr. wb 

URAP SAYUR

Assalamualaikum wr wb. Kali ini wisata resep akan membagikan anda resep urap sayur. Jika anda suda sudah bosan dengan masakan sayuran yang ditumis atau disayur bening, sudah saatnya anda membuat urap sayur, biasanya sajian ini disajikan besama ayam panggang, ayam lodho, tongkol pedas atau bebek bakar. Kalo soal rasa tidak usah diragukan lagi pasti rasanya enak mantapnya poll, sayuran urap urap dengan bumbu kelapa muda pedas gurih pasti membuat anda ketagihan, bicara mengenai sayuran urap kali ini wisata resep akan memberikan resep urap sayuran dengan bumbu kelapa pedas.

Urap adalah hidangan hidangan yang berupa sayuran yang dimasak atau direbus yang dicampur kelapa muda parut yang di bumbui sebagai cita rasa. Urap ditemukan dalam masakan indonesia, akan tetapi jika kita telusuri, urap berasal dari khazanah masakan jawa, urap sama sekali tidak mengangdung atau menggunakan daging, dan dapat anda memakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran teman nasi sebagai pelengkap dari hidangan tersebut, urap merupakan syarat atau hidangan penting sayur pengiring dan pelengkap tumpeng jawa.

Urap sayuran merupakan salah satu masakan nusantara yang populer dan berasal dari jawa tengah, sesuai dengan namanya urap harus dibuat dengan bahan sayur sayuran yang terdiri dari berbagai macam macam sayuran sehingga sangat cocok dimakan oleh klangan anak anak maupun otang dewasa, kandungan nutrisinya sangat baik bagi tubuh kita dan komplit mengingat pemakaian baragam jenis sayuran tersebut, tidak sulit untuk membuat makanan ini.

Bagi anda yang suka manis, bisa dikurangi pemakaian asam jawa bisa dikurangi atau tidak memakai asam jawa sedikitpun, sementara takaran gulanya bisa ditambah lebih banyak sampai menjadi 3-4 sendok teh, untuk memberikan aroma yang lebih menyelerakan anda bisa tambahkan daun jeruk.




Bahan sayuran:
  • 1 ikat bayam lali cuci bersih
  • 1 batang wortel 
  • potong korek api, 150gr tauge lalu buang akarnya
  • 6 helai kacang panjang, potong 2
Bumbu dan bahan:
  • 1/2 buah kelapa setengan tua, lalu parut
  • 4 buah bace rawit merah
  • 4 buah cabe kriting merah 
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 saset terasi abc (terasi lain juga bisa)
  • 3 cm kencur
  • kasih secukupnya garam dan gula merah (pakai gula pasir juga bisa)
  • 3 sdm soya oil/minyak goreng 30 ml air
  • 1 sdm air asam jawa
Cara membuat:

  • cuci bersih semua sayur lalu potong sesuai selera anda, lalu kukus semua sayuran hingga matang lalu sisihkan
  • haluskan bumbu lalu campurkan dengan kelapa parut hinhha tercampur rata
  • lalu kukus hingga 15 menit sampai matang dan angkat.
  • lalu sajikan untuk keluarga anda
Selamat mencoba di rumah
Wassalamualaikum wr wb.

Rabu, 14 Februari 2018

Bandeng Masak Kecap


Hello Assalamualaikum Wr. Wb. bagaimana kabarnya nih sahabat Wisata Resep. Pasti sehat walafiat dong pastinya. Kali ini kita akan membagikan resep makanan yang lezat dan tentunya disukai oleh sekeluarga anda. Apa sih yang akan kita bagikan resep hari ini, aa, hari ini kita akan membagikan resep Bandeng Masak Kecap yang gurih, lezat, nikmat.


Ikan Bandeng:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini, bahkan hampir setiap hari kita jumpai diberbagai tempat seperti pasar, minimarket, warung dan tempat lainnya. Ikan bandeng sendiri sangat mudah untuk dijadikan makanan. di Indonesia sendiri sudah banyak sekali olahan ikan bandeng karena memang kreativitas masyarakat Indonesia yang tinggi, selain itu bahkan setiap daerah di indonesia mempunyai makanan khas dan ada beberapa diantaranya menggunakan olahan Ikan Bandeng.

Ikan Bandeng sendiri sangat mudah untuk dibudidaya karena hasilnya yang menggiurkan, makanya tidak heran jika masyarakat Indonesia sendiri banyak yang mengonsumsi iukan yang satu ini. tetapi jika ingin makan ikan yang satu ini harus berhati-hati, karena duri dalam ikan ini yang lumayan banyak. tetapi tenang dengan kita mempresto terlebih dahulu, duri ikan ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi, sehinghga tidak heran banyak restoran yang menyajikan menu Presto Bandeng.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari Ikan Bandeng, yaitu:
  • Mengurangi resiko jantung koroner
  • Mengurangi resiko osteoporosis
  • Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
  • Mengurangi resiko penyakit anemia
  • Mengurangi resiko stroke
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainya
Ikan bandeng juga memili banyak kandungan seperti Kandungan Vitamin A, Vitamin B1,  Energi, Fosfor, Kalsium, Lemak, Protein, dan Zat Besi. karena memiliki kandungan yang banyak tersebut, makanya ikan bandeng yang mengonsumsi dan dibudidayakan.
Kali ini kita akan membagikan resep Bandeng Masak Kecap yang gurih dan disukai oleh keluarga anda, langsung cek ajadeh dibawah ini.. 

Bahan:
  • 1 kg ikan bandeng
  • 1 sdt garam
  • 2 buah jeruk nipis
  • 10 siung bawang merah, iris-iris
  • 6 siung bawang putih, iris-iris
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 10 buah cabai keriting, iris-iris
  • 5 daun salam
  • 8 daun jeruk
  • 15 cabai rawit
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ikat daun kemangi, siangi
  • 3 ruas lengkuas, iris-iris
  • minyak sayur
  • air secukupnya
Bahan Bumbu:
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • gula
  • garam
  • penyedap yang non smg
Cara membuat bandeng masak kecap:
  • Cuci bersih bandeng, potong sesuai selera
  • beri lumuran air jeruk nipis, lalu dibilas bersih
  • kemudian beri garam dan sisihkan
  • tata bandeng pada panci presto
  • lalu bandeng di presto hingga setengah lunak (jangan sampai hancur) lalu diangkat
  • goreng hingga kering dan tiriskan
  • tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  • tambahkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas
  • tumis kembali hingga harum
  • beri air secukupnya, jangan banyak-banyak
  • beri kecap manis, kecap asin, saus tiram, garam, gula, dan penyedap non msg tumis sebentar, dan di test rasanya
  • masukan ikan bandeng, aduk lagi hingga rata.
  • masak hingga bumbu meresap
  • beri daun kemangi dan masak lagi sesaat
  • lalu sajikan selagi hangat
Gimana rasanya, lezat dan gurihkan, apalagi disantap bersama keluarga, duhh kebayang deh gimana rasanya bisa membuat keluarga tambah sayang kepada kita. Itu saja resep kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik dan saran anda dibawah ini. Thanks You Wassalamualaikum Wr. Wb.

KEPITING RAJUNGAN GULAI ASAM





Assalamualaikum wr. wb. bagi para ibu ibu yang ingin mengolah biota laut seperti kepiting dan tidak tau ingin diolah dan dimasak menjadi apa bisa ikuti cara cara di wisata resep ini caranya mudah dan gak ribet bahan bahannya juga mudah untuk didapat mudah untk dipraktekan dirumah. menu ini cocok banget buat makan siang dan bisa juga bila suami bosan dengan masakan yang itu itu saja bisa dibuatkan masakan ini supaya bisa merasakan citarasa yang baru yuk tanpa basa basi mari kita buat menu kepiting rajungan gulai asam ini

bahan bahan untuk membuat kepiting gulai asam :
- 10 ekor kepiting / rajungan
- 100 ml santan kental
- 10 siung bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 10 buah cabe merah
- 20 buah cabe rawit
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- laos secukupnya
- serai secukupnya
- daun salam secukupnya
- daun jeruk secukupnya
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- daun kemangi secukupnya
- 1 sendok makan asam jawa
- 2 buah jeruk nipis
- 1 sendok makan saus tiram

langkah langkah membuat kepiting rajungan saus tiram :
- kukus rajungan terlebih dahulu supaya mudah dibersihkan, kemudian setelah dikukus angkat dan bersihkan rajungan sikat dan bersihkan bagian cangkangnya , kemudian belah perutnya agar bumbu meresap, kemudian rendam dengan perasan jeruk nipis selama 20 menit agar bau mais dari rajungan itu hilang
- haluskan bumbu kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit
- kemudian jahe sereh dan laos digeprek
-tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukan jahe laos dan sereh. tumis bumbu sampai matang dan minyak pisah dari bumbu supaya tidak langu
- masukan rajungan lalu tambahkan air, daun salam ,asam jawa, daun jeruk, garam, gula. lalu masukan cabe rawit yang sudah dipetiki dan tambahkan santan dan masak hingga kuah mengental setelah itu tambahkan saus tiram dan cicipi rasanya dan terakhir masukan daun kemangi
- sudah tunggu hingga matang dan bumbu meresap sempurna lalu masakan pun siap untuk dihidangkan


mudah kan cara membuah kepiting rajungan gulai asam caranya gak susah dan bahan bahannya juga mudah untuk didapat. pokoknya kalo ibu ibu atau mamah mamah muda yang baru belajar masak dan gatau tentang resep makanan bisa dicek di wisata resep ya jangan sampai ganti tempat lain. cukup sekian resep hari ini wisata resep pasti bakal update update resep resep lain kok jangan takut gabisa masak karna wisata resep bakal membimbing ibu ibu dan mamam mama muda untuk belajar masak kok. ok sekian dan terima kasih ya

Kamis, 08 Februari 2018

Resep Seblak Lobster Kekinian

Hello guys, Assalamualaikum Wr. Wb. buat kamu yang bingung mau bikin makanan yang enak dan bikin ketagihan, terus mantengin Wisata Resep aja. Kenapa harus mantengin Wisata Resep. karena kita selalu membagikan makanan yang sedang hits dan mudah dibuatnya selain itu juga tidak memakan banyak duit loh guys.. Kali ini kita akan membagikan resep seblak yang sedang kekinian dizaman sekarang ini. Seblak yang kita bagikan adalah seblak lobster.


Seblak Lobster:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, bahkan makanan sudah menyebar keseluruh penjuru Indonesia. yaa, Seblak namanya, Seblak merupakan kuliner khas Indonesia yang memiliki rasa yang pedas dan gurih yang membuat semua orang ngiler deh ngeliatnya.. Seblak sendiri berasal dari Bandung, Jawa Timur. Makanan ini mudah ditemui karena biasanya dijual di pinggir jalan atau restoran karena merupakan makanan jalanan.

Saat ini seblak memiliki banyak sekali variasinya dan juga isi toppingnya. seblak memiliki tekstur yang kenyal serta pedas manis. Bahan utama dari seblak adalah kerupuk udang. uniknya biasanya kerupuk udang hanya dinikmati setelah digoreng, tetapi ini kerupuk udang hanya direbus dicampur dengan bumbu serta sayuran lainya hingga jadilah seblak. Seblak memiliki 2 jenis, yaitu seblak kering dan seblak basah. kali ini kita akan membagikan resep jenis seblak basah, ada banyak sekali variasi seblak basah, mulai dari seblak baso, seblak siomay, seblak tulang, seblak mie basah, seblak ceker ayam. Tetapi kali ini kita akan membagikan resep Seblak Lobster yang tidak kalah dari seblak lainya bahkan lebih lezat dari seblak lainnya. Langsung cek aja deh guys dibawah ini..

Bahan Topping Seblak Lobster:

  • 2 ekor lobster yang sudah direbus
  • 1/2 kerupuk udah yang sudah direbus
  • Baso yang sudah direbus
  • Mie telur yang sudah direbus
  • Macaroni yang sudah direbus
  • sosis
  • 1 Telur yang sudah dikocok tetapi jangan digoreng atau direbus, karna akan dicampur kedalam bumbu ketika dimasak nanti
  • sayur sawi
  • Atau tambahan topping sesuai selera anda
Bahan Bumbu Seblak Lobster:
  • 2 ruas kencur
  • 3 siaung bawan merah
  • 3 siung bawah putih
  • 6 cabai merah kriting
  • 6 cabai rawit atau selera anda untuk tingkat kepedasannya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • air putih secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • Bumbu penyedap rasa
Cara Membuat Seblak Lobster:
  • Haluskan semua bahan bumbu hingga menyatu semua bahannya
  • Panaskan minyak goreng secukupnya diwajan
  • Masukan semua bahan bumbu yang sudah halus kedalam minyak yang sudah dipanaskan, aduk-aduk hingga rata
  • Setelah semua bumbu rata dan panas, masukan kerupuk udang yang sudah direbus kedalam bumbunya, aduk-aduk hingga rata
  • Tambahkan air secukupnya, masak hingga mendidih
  • Setelah itu, masukan telur yang sudah dikocok kedalam bumbu yang dimasak tadi, aduk hingga semuanya matang
  • Kemudian masukan semua toppingnya (lobster, baso, macaroni, sosis dan sayur sawi) masak semuanya hingga matang.
  • Seblak Lobster sudah siap disajikan, uhh.. aromanya
  • lebih nikmat disajikan selagi hangat
Gimana, mudah bukan membuat seblak lobsternya. selain rasa dan aroma yang bikin kita ngiler, porsi yang didapatkan pun lebih banyak dibandingkan kita membeli. kita juga dapat ilmu untuk menambah wawasan kita tentang memasak nih guys.
Ok, sekian dari saya. Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik dan saran anda agar kita dapat membuat artikel tentang resep makanan yang lebih baik lagi. Wassalamualaikum Wr. Wb.

PINDANG BANDENG




Assalamualaikum wr.wb selamat pagi ibu ibu atau mama mama muda yang baru belajar masak kali ini wisata resep akan membahas tentang pindang bandeng yang mantap dan lezat cara membuatnya juga tidak susah sangat cocok untuk dipraktekan dirumah bahan bahannya juga mudah didapatkan dipasar atau diwarung terdekat mari langsung saja kita buat makanan yang enak lezat ini kuyy :)

Bahan - Bahan untuk membuat pindang bandeng :
-  1 ekor ikan bandeng dan dipotong menjadi 5 bagian 
- 1 ruas lengkuas digeprek 
- 1 ruas sereh digeprek  
- 5 lembar daun jeruk dan
- 3 daun salam 
- 2 buah tomat hijau ( bisa ditambah sesuai selera )
- 5 buah cabai rawit ( bisa ditambah sesuai selera )

 bumbu yang dihaluskan 
- 5 bawang merah 
- 3 bawang putih 
- 1ruas jahe 
- 1 ruas kunyit ( kalau mau lebih kuning bisa ditambahkan )
- 3 buah kemiri

Langkah - langkah membuat pindang bandeng :
- balurai ikan dengan perasan jeruk nipis lalu aduk dan biarkan 15 menit supaya ikan tidak amis setelah 15 menit berlalu cuci bersih ikan yang dibalusri jeruk nipis tadi 
- kemudian tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukpnya, lalu masukan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuaskemudian bumbu ditumis hingga muncul aroma wangi
- lalu beri air pada tumisan tadi secukupnya dan biarkan dulu sampai air mendidih
- kemudian setelah mendidih masukan ikan dan masak ikan bandeng tersebut hingga matang 
- masukan tomat lalu tambahkan garam, gula dan merica putih lalu cicipi rasanya sudah pas atau belum 
- kalo rasanya sudah sesuai masukan cabai sesuai selera kalo masakannya buat anak anak juga pisahkan dulu masakannya baru masukan cabai
-masakan pun selesai dan tinggal dihidangkan untuk menu santapan keluarga tercinta 

nah mudah kan cara membuat pindang bandeng di wisata resep ini banyak kok resep makanan yang susah dibuat dan disini ada resepnya yang mudah untuk dibuat dan cara membuatnya tidak susah dan rasanya pun sangat nikmat dan tentu saja sangat lezat pokoknya kalo ibu ibu atau mama mama muda yang gatau tentang resep makanan bisa di cek di wisata resep ini ya bun. oke terima kasih cukup sekian resep hari ini dan besok besok lagi wisata resep pasti bakal update resep resep makanan yang baru yang enak nikmat dan lezat. Assalamualikum wr. wb

Selasa, 06 Februari 2018

Kimbab ala Indonesia

Hello Assalamualaikum Wr. Wb. kembali lagi dengan kami Wisata Resep yang selalu menyajikan makanan yang lezat, nikmat dan halal pastinya. Bagi kamu anak muda yang suka dengan drama korea, artis korea atau semua hal yang bersangkutan dengan korea. kali ini kita akan membagikan resep makanan yang berasal dari korea selatan, yaitu Kimbab. Masa iya kamu yang suka dengan hal yang berkaitan dengan korea tapi tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Langsung cek aja dech yaa..




Kimbab:
Wisata Resep - Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, makanan yang mirip dengan sushi ini berasal dari korea selatan. di indonesia sendiri makanan ini mirip sekali dengan lemper hanya saja makanan yang satu ini memiliki isi yang banyak dan beragam dan juga sangat lezat dibandingkan dengan lemper yang hanya memiliki isi cincangan daging ayam atau abon yang lebih sedikit dan juga ukuran yang sangat kecil nan unik.

Kimbab, sushi dan lemper sama-sama menggunakan nasi sebagai bahan pembuatan yang sangat penting, tanpa nasi mungkin tidak akan jadi makanan yang sangat lezat ini. Apakah kalian pernah membuat Kimbab sendiri dengan karya sendiri?? kalau belum, silahkan perhatikan cara pembuatan kimbab berikut ini. Kita persiapan bahan-bahannya terlebih dahulu dibawah ini.

Bahan:

  • Nasi pulen sesuai selera anda yang penting cukup buat pembuatan
  • 2 butir Telur
  • 50 gram Daging sapi
  • 60 gram Bayam dan garam
  • 50 gram Wortel
  • 50 gram Asinan lobak
  • 1/2 sdm Minyak wijen dan cuka
  • dan yang terpenting 4 lembar rumput laut atau nori kering yang berukuran besar dan berbentuk segi empat.
Bahan yang harus dimasak:
  • Nasi yang sudah matang
  • Telur digoreng dadar dan di iris tipis-tipis
  • Daging sapi dimasak dan dipotong memanjang
  • Bayam yang sudah direbus sebentar dan diberi sedikit garam
  • Wortel yang sudah dibersihkan, lalu dipotong memanjang dan ditumis sampai matang
  • Asinan lobak yang sudah dipotong memanjang
Cara membuat Kimbab:
  • Campurkan nasi, cuka, minyak wijen dan garam dalam mangkok/wadah dan sisihkan
  • Ambil rumput laut atau nori
  • Ambil nasi dan ratakan diatas rumput laut atau nori
  • Setelah rata, tambahkan telur, daging sapi, bayam, wortel dan lobak diatas nasi tersebut dan disusun dengan rapi
  • Setelah tersusun rapi, kita gulung dengan pelan-pelan dan jangan sampai hancur.
  • Setelah tergulung, kita potong-potong dan lebih baik dipotong dibagian tengah terlebih dahulu agar tidak hancur.
  • Setelah semua terpotong, Kimbab ala indonesia pun siap disajikan bersama keluarga tercinta anda.
Gimana guys, mudah bukan membuat Kimbab ala Indonesia. Selain lezat karena membuat sendiri, porsinya pun menjadi lebih banyak dibandingkan dengan membeli Kimbab direstoran dan harganya lebih hemat. Kimbab juga sangat cocok jika ada acara keluarga, arisan, hari raya idul fitri, hari raya idul adha, hari raya imlek dan berbagai acara lainya. Dari sini kita juga dapat menambah ilmu cara memasak loh guys, masa iya perempuan tidak bisa memasak, hehe.. Tolong berikan komentar, kritik, dan saran anda dikolom komentar ya guys, sekian terimakasih, Wassalamualaikum wr. wb.

Sabtu, 03 Februari 2018

Olahan Oncom dan Sosis

Hello Assalamualaikum mama. siapa sih yang tidak suka olahan sosis. kali ini Wisata Resep akan memberikan resep olahan sosis yang disukai keluarga apalagi anak mama. makanan ini bisa sekaligus buat bekal sekolah untuk anak mama biar tidak boros untuk membeli makanan dikantin yang belum tentu menyehatkan. langsung cek aja deh mama




Sosis dan Oncom:

Wisata Resep - Masakan tradisional indonesia memang tidak ada habisnya ya, semuanya lezat-lezat. kuliner di indonesia merupakan kuliner yang paling kaya didunia. banyak jenis makan dari berbagai provinsi di indonesia. yang lebih uniknya lagi, kebanyakan masyarakat indonesia hanya makan menggunakan tangan saja tanpa bantuan sendok atau garpu, mungkin lebih nikmat menggunakan tangan daripada sendok. Kuliner indonesia pun sudah dikenal dimancanegara, makanya banyak turis-turis yang berkunjung ke indonesia untuk menikmati alam indonesia dan juga kulinernya.

Siapa sih yang tidak kenal sosis dan oncom. sebagian orang sangat menyukai sosis tetapi hanya sebagian orang yang tidak menyukai oncom karena rasanya yang hambar. Sosis terbuat dari olahan daging yang siap digunakan sebagai bahan campuran makanan yang menambah cita rasa makanan itu sendiri. ada beberapa manfaat yang kita dapatkan dari makanan sosis ini salah satunya protein, vitamin b12, dan zat besi. tetapi ada buruknya juga mengonsumsi sosis secara berlebihan.

Mengenai oncom, Oncom memiliki 2 jenis adah oncom merah dan oncom hitam. oncom merah terbuat dari bungkil tahu sedangkan oncom hitam terbuat dari bungkil kacang hijau. dalam oncom sendiri memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi loh. Oncom biasanya diolah dengan cara digoreng, tetapi kali kita akan mengolah oncom menjadi makanan yang lezat dan dikolaborasikan dengan sosis. mama pernah gak sih memasak makan yang satu ini, jarang loh ada memasak makanan yang satu ini padahal terbilang makan yang unik dan lezat. langsung aja deh siapin bahannya untuk membuat makan yang satu ini, karena keluarga anda pasti sangat menyukainya bahkan sampai menambah berkali-kali.. langsung simak resep dibawah ini ya maa..

Bahan yang harus dipersiapkan:
  • 1 bonggol sawi hijau yang telah diiris halus
  • 100 gram toge yang diiris halus
  • 100 gram kacang panjang yang juga diiris halus
  • ¼ papan oncom merah
  • 2 buah sosis sapi, lalu iris tipis
  • 2 siung bawang putih yang diiris halus
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdt bumbu Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara pembuatanya:
  •  Untuk memulainya, Anda dapat memanaskan margarin terlebih dahulu.
  •  Selanjutnya, masukkan bawang merah dan bawang putih hingga matang dan tercium harum.
  •  Tambahkan oncom dan sosis, lalu aduk rata.
  •  Masukkan semua sayuran yang telah disiapkan.
  •  Masukkan garam, lada, dan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi, kemudian aduklah sampai matang.
  • Sajikan selagi hangat.
Gimana mama, mudahkan membuat makanan satu ini, selain enak dan mudah, olahan makanan yang satu hanya mengocek uang sedikit. Tolong berikan komentar anda ya mama, kami sangat membutuhkan komentar anda agar kita membuat artikel resep yang lebih baik lagi.. Thanksyou mama Wassalamualaikum Wr. Wb.